Perdagangan berjangka komoditi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan jual beli komoditi, dengan penarikan margin dan dengan penyelesaian kemudian berdasarkan Kontrak Berjangka, Kontrak Derivatif Syariah, dan/atau Kontrak Derivatif lainnya. (UU No.10 Tahun 2011)

 

Value revelation: perdagangan kontrak berjangka berfungsi untuk pembentukan harga yang transparan dan efisien sehingga dapat dijadikan sebagai referensi.

Supporting/Lindung Nilai: perdagangan kontrak berjangka berfungsi untuk pengalihan risiko karena fluktuasi harga komoditi/aset tertentu untuk menjamin kepastian dan kelangsungan usaha jangka panjang.

Alternatif Investasi: perdagangan kontrak berjangka dapat dimanfaatkan sebagai alternatif investasi yang menarik (sensible).

Perdagangan berjangka komoditi memberikan kemudahan dalam kegiatan pengalihan risiko. Selain itu, perdagangan berjangka komoditi juga bermanfaat untuk pembentukan harga yang efisien karena bersifat transparan dan wajar, yang mencerminkan kondisi pasokan dan permintaan yang sebenarnya dari komoditi yang diperdagangkan.

Harga yang terjadi di bursa umumnya dijadikan sebagai harga acuan (reference cost) oleh dunia usaha.

Kontrak berjangka merupakan salah satu instrumen skema pasar di mana peranan pemerintah dapat dikurangi atau dihilangkan.

Nasabah dapat mulai melakukan investasi emas berjangka melalui Pialang atau Wakil Pialang Berjangka, dalam hal ini PT Asia Pro Berjangka, yang telah mendapat lisensi resmi dari BAPPEBTI (Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi).

Pelaksanaan investasi yang sudah ditanamkan melalui Pialang/Wakil Pialang Berjangka adalah dengan jalan membeli kontrak-kontrak berjangka yang diperdagangkan di bursa berjangka. Hal ini sesuai dengan keterangan yang terdapat dalam Pasal 1 Ayat 12 Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2011 tentang Perdagangan Berjangka Komoditi.

Investasi komoditi berjangka tidak menjanjikan fix income. Transaksi komoditi juga memiliki peluang dan risiko dengan investasi dan mungkin tidak sesuai untuk semua orang. Risiko kerugian dalam transaksi instrumen keuangan dapat menjadi substansial.

Karena itu kamu harus mempertimbangkan dengan hati-hati apakah perdagangan seperti itu cocok untukmu mengingat kondisi keuangan sendiri.

PT Asia Pro Berjangka telah terdaftar dan teregulasi oleh Badan Pengawan Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI).

Teregistrasi BAPPEBTI dengan nomor 862/BAPPEBTI/1/2006 20 Januari 2006

Semua kegiatan atau transaksi perdagangan berjangka komoditi diawasi oleh BAPPEBTI (Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi).

Menurut Pasal 4 ayat (1) Undang-undang Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2011 tentang Perubahan Atas Undang-undang Nomor 32 Tahun 1997 tentang Perdagangan Berjangka Komoditi menyebutkan bahwa BAPPEBTI adalah lembaga pemerintah di bawah Kementerian Perdagangan yang tugas pokoknya melakukan pembinaan, pengaturan, pengembangan, dan pengawasan perdagangan berjangka.

Bursa berjangka adalah badan usaha yang menyelenggarakan dan menyediakan sistem dan/atau sarana kegiatan jual beli komoditi berdasarkan Kontrak Berjangka, Kontrak Derivatif Syariah, dan/atau Kontrak Derivatif lainnya.

Lembaga Kliring Berjangka adalah suatu badan usaha yang menyelenggarakan dan menyediakan sistem dan/atau sarana untuk pelaksanaan kliring dan penjaminan penyelesaian transaksi Perdagangan Berjangka.

Pialang Berjangka adalah badan usaha yang melakukan kegiatan jual beli komoditi berdasarkan Kontrak Berjangka, Kontrak Derivatif Syariah, atas amanat nasabah dengan menarik sejumlah uang dan/atau surat berharga tertentu sebagai margin untuk menjamin transaksi tersebut.

BAKTI adalah Badan Arbitrase yang khusus didirikan untuk menyelesaikan sengketa-sengketa di bidang Perdagangan Berjangka Komoditi dan transaksi lain yang diatur/diawasi oleh BAPPEBTI.

Keputusan Bakti bersifat final dan mengikat serta memiliki kekuatan eksekutorial. Jika para pihak yang bersengketa tidak dengan sukarela melaksanakan putusan arbitrase, maka yang menang dapat memohon eksekusi ke Pengadilan Negeri setempat. Namun, ketua Pengadilan Negeri tidak memeriksa alasan/pertimbangan hukum dari Putusan Arbitrase.

Nasabah dapat langsung melakukan pengaduan kepada Pialang Berjangka yang dilakukan secara tertulis. Dalam pengaduan tertulis tersebut, nasabah wajib melengkapi paling sedikit dokumen sebagai berikut:

  1. Kronologis atau uraian pengaduan;
  2. Fotokopi identitas nasabah;
  3. Surat kuasa, apabila pengaduan dilakukan oleh kuasanya;
  4. Fotokopi perjanjian amanat (dapat diperbantukan oleh Pialang);
  5. Copy Laporan Harian Transaksi (dapat diperbantukan oleh Pialang);
  6. Fotokopi bukti transfer dana.

Pengaduan dapat disampaikan melalui pos tercatat atau surel.

PT Asia Pro Berjangka diatur oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI), oleh karena itu kami dituntut untuk selalu mematuhi setiap peraturan dan kewajiban dari regulator. BAPPEBTI akan selalu melakukan pengecekan untuk memastikan seluruh transaksi dilakukan sesuai dengan aturan yang berlaku.
Berdasar pada aturan BAPPEBTI, PT Asia Pro Berjangka diwajibkan untuk memisahkan setiap dana Nasabah dari dana milik Asia Pro. Pemisahan ini untuk memastikan bahwa dana Anda tidak akan pernah bisa digunakan untuk menutup hutang atas aset milik Asia Pro.

Dana dari setiap Nasabah disimpan di rekening terpisah pada bank yang memiliki reputasi yang baik, yaitu Bank BCA.

Anda dapat melakukan penarikan dana dengan cara login client area anda lalu pilih withdrawal. 

*Pastikan nama dan nomor rekening sesuai.

Permintaan penarikan dana/withdrawal yang dilakukan sebelum pukul 11:00, dana akan masuk ke rekening bank Anda umumnya pada hari yang sama (tergantung proses bank terkait). Sedangkan permintaan penarikan dana/withdrawal yang dilakukan setelah pukul 11:00 akan diproses pada hari berikutnya

Untuk men-download aplikasi MetaTrader 5 (MT5) Anda cukup masuk ke google playstore untuk android atau Apps Store untuk Ios lalu 'search' MetaTrader 5 lalu klik download

Bagi Anda pengguna perangkat Android, silakan ikuti langkah-langkah berikut:
1. Pada halaman utama aplikasi MT5. klik ikon menu, lalu klik 'Manage Account'.
2. Klik ikon plus, lalu pilih 'Log In to An Existing Account'.
3. Di sisi kanan-atas pada kolom 'Find broker', silakan ketik server Asia Pro sesuai akun Anda.
4. Ketik Nomor Akun MetaTrader dan Password, kemudian klik tombol 'Sign In'.

Bagi Anda pengguna perangkat iOS, silakan ikuti langkah-langkah berikut:
1. Pada halaman utama aplikasi MT5. klik ikon settings di menu bar.
2. Klik 'New Account', lalu pilih 'Log In to An Existing Account'.
3. Di sisi kanan-atas pada kolom 'Find broker', silakan ketik server Asia Pro sesuai akun Anda.
4. Ketik Nomor Akun MetaTrader dan Password, kemudian klik tombol 'Sign In'.

Jika membutuhkan bantuan lebih lanjut, silakan hubungi Contact Person Anda.

Platform online trading MetaTrader 5 (MT5) kini dapat dipasang/install pada perangkat Mac OS (Macbook, iMac). Silakan klik di sini untuk mendownload Asia Pro MetaTrader 5 (MT5).

Cara menghitung nilai profit atau loss Anda adalah mengalikan nilai transaksi dengan selisih harga jual dan harga beli.

(Harga Jual - Harga Beli) x Lot x Contract Size = Nilai Profit dalam mata uang kedua.

*Jika mata uang kedua bukan dalam USD, makan akan ditukar/convert ke USD terlebih dahulu sebelum didepositkan ke akun Anda

Balance adalah jumlah dana dalam akun trading Anda.

Equity adalah nilai Balance yang ditambah dengan nilai transaksi yang sedang berjalan karena posisi trading yang masih terbuka.

Misalkan Anda baru mulai trading di Asia Pro dan melakukan deposit awal sebesar $1.000, maka nilai balance Anda adalah $1.000.
Apabila dana Balance sebesar $1.000 tersebut Anda gunakan untuk trading dan posisi trading Anda menunjukkan profit berjalan sebesar $300, maka nilai Equity Anda adalah sebesar $1.300.
Ketika posisi trading tersebut ditutup, maka dana Balance Anda berubah menjadi $1.300, sama dengan nilai Equity Anda.

Minimum transaksi di Asia Pro adalah 0,1 Lot. Ketentuan minimum transaksi kami di batasi oleh peraturan dari BAPPEBTI.

Biaya komisi di platform sudah termasuk PPN sesuai ketentuan yang berlaku. Nasabah yang memberikan data NPWP dapat meminta faktur pajak atas transaksi mereka di Asia Pro. Apabila nasabah mendapatkan laba (profit) dari trading, maka mereka bertanggung jawab atas pelaporan dan pembayaran pajak atas pendapatan tersebut.

Apabila Anda trading index, pengaturan stop loss dan take profit akan dihilangkan pada akhir sesi. Hal ini untuk melindungi transaksi Anda, karena seringkali terdapat selisih yang cukup tinggi antara harga penutupan hari ini dengan harga pembukaan di keesokan hari.

Apabila Anda trading forex dan komoditi, pengaturan stop loss dan take profit tidak akan dihilangkan pada akhir sesi.

Silakan lihat di halaman depan website kami dimana Anda akan menemukan link untuk membuka Akun Real. Aplikasi ini secara online dan Anda akan perlu mengisi semua rincian yang diperlukan. Mohon diisi dengan lengkap dan benar untuk mempercepat proses pembukaan akun.

Investor password memberikan Anda akses terbatas untuk melihat grafik, melakukan analisa teknikal dan uji Expert Advisor. Anda tidak dapat melakukan transaksi dengan investor password, tetapi Anda dapat memberikan seseorang akses untuk melihat akun Anda dengan memberikan mereka investor password Anda. (Harap dicatat, selalu sangat berhati-hati kepada siapa Anda memberikan investor password !)
Investor password dapat dengan mudah dibuat dengan mengikuti langkah-langkah ini :
 

  • Login ke akun trading Anda di File > Login to Trade Account.
  • Navigasi ke Tools > Options dan pilih tab Server.
  • Klik tombol ‘Change’ disebelah kotak password.
  • Konfirm (main) password Anda di ‘Current password’.
  • Pilih ‘Change investor (read only) password’.
  • Masukkan investor password baru di ‘New password’ dan ‘Confirm’.

Ya, laporan akan dikirimkan ke alamat email teregistrasi yang akan mengkonfirmasi riwayat transaksi harian Anda. Pada hari Anda tidak melakukan transaksi, maka Anda tidak akan menerima laporan transaksi. Namun, sebulan sekali Anda akan menerima laporan statement akun Anda, terlepas dari aktivitas transaksi Anda.

Anda mungkin akan dikenakan biaya ‘overnight’ (biaya swap) apabila Anda membiarkan posisi Anda terbuka sampai melewati penutupan pasar US. Apabila Anda mempunyai posisi terbuka, maka kami akan secara otomatis mengenakan biaya atau mengkredit akun Anda dengan biaya overnight yang nilainya tergantung kepada produk yang Anda transaksikan dan posisi Anda apakah Buy atau Sell.

Mohon dicatat bahwa swap untuk Rabu ke Kamis akan diperhitungkan 3 hari sebagai kompensasi Sabtu dan Minggu. Hal ini merupakan perhitungan yang sudah lazim.

Ukuran lot mengacu pada volume yang Anda pilih untuk ditransaksikan pada akun Anda. Ukuran lot akan membantu Anda untuk memperkirakan persyaratan margin (margin requirement) saat melakukan transaksi yang tentunya tergantung pada produk yang Anda pilih. Secara teknis, 'lot' merujuk pada volume yang diperdagangkan di FX.

Istilah-istilah tersebut ditampilkan pada tab ‘Trade’ pada jendela utama platform MT5. Istilah tersebut memberikan Anda informasi berikut:

Balance: Jumlah dana yang tersedia untuk transaksi, termasuk semua keuntungan dan kerugian yang telah ditutup, juga setoran dan penarikan pada akun transaksi Anda.
Equity: Adalah Balance +/- keuntungan atau kerugian yang masih mengambang (floating).
Margin: Sejumlah dana yang dibutuhkan untuk membuka posisi. Minimal 10% dari Margin dibutuhkan untuk mempertahankan open posisi.
Free margin: Equity – Margin yang ditahan pada posisi terbuka.
Margin level (% free margin): (Equity / Margin yang ditahan pada posisi terbuka) x 100

Ya, Anda diperkenankan untuk scalping tanpa batas dan juga di perkenankan menggunakan Expert Advisor(EA).