| Tools Trading

Card Image

Indikator Parabolic SAR ini pertama kalinya dikemukakan dalam karya fundamental yang diciptakan oleh Welles Wilder "Konsep terbaru dalam sistem perdagangan teknikal" Bentuk parabola yang serasi dengan titik berhenti dan berputar balik (Berhenti dan Berputar Balik) dipasangkan langsung di dalam grafik harga dengan menunjukkan beberapa titik-titik berwarna. Indikator ini hampir mirip dengan indikator rata-rata bergerak, tetapi yang ini bergerak dengan percepatan dan merubah posisinya tergantung daripada grafik harga – Indikator dari trend ke atas berada dibawah harga (dibawah candle harga) dan pada trend ke bawah berada di atas harga (di atasnya). Tujuan daripada indikator ini ialah untuk menyediakan cara untuk mengikuti trend secara jelas dan mengatur penghentian daripada posisi yang terbuka pada saat momen terjadinya perputar-balikan arah trend.

Karena dengan komponen parabola maka indikator ini bisa melihat titik perputar-balikan arah trend sebelum indikator-indikator lainnya karena indikator ini bereaksi tidak hanya dengan pergerakan harga, tetapi juga dengan pergerakan waktu. Indikator ini tidak terlalu sensitif dengan awalnya suatu trend dibanding dengan akhirnya – semakin lama trend berjalan, maka kondisi-kondisi untuk berputar-balik akan semakin terlihat. Semakin lama trend terjadi, variasi pergerakan harga yang sedikit saja sudah bisa memberikan sinyal untuk perputar-balikan arah trend.

Adanya trend yang jelas terlihat adalah syarat utama untuk penggunaan indikator ini dengan sukses. Keakuratan sinyal pada saat menutup posisi dan titik perputar-balikan bertambah seiring dengan berjalannya periode waktu berdagang.
Kita bisa melihat tembusan secara visual ketika titik-titik Parabolic SAR berpindah posisi antara diatas atau dibawah garis harga Titik dasar untuk momen perputar balikan arah adalah titik maksimum atau minimum daripada candle pada periode sebelumnya. Ketika titik-titik indikator ini berpindah posisi di atas atau dibawah harga maka ini adalah sinyal bahwa trend yang terjadi saat ini akan berakhir (dimana keadaan akan berubah menjadi datar) atau akan segera terjadinya perubahan arah trend. Titik indikator di bawah harga mengartikan kesempatan untuk naik. Titik diatas harga adalah sinyal bahwa adanya kesempatan untuk turun.