| Tools Trading

Card Image

Average True Range (ATR) adalah salah satu indikator yang dibuat oleh Welles Wilder dan sering digunakan untuk mengukur volatilitas pasar. ATR adalah nilai rata-rata dari range sebenarnya (true range) pada suatu periode tertentu. True range dihitung dari nilai tertinggi diantara tiga keadaan:
1. TR = H – L
2. TR = H – Close
3. TR = Close – Low

TR : True Range, H : harga tertinggi pada periode tersebut, L : harga terendah pada periode tersebut, dan Close : harga penutupan periode sebelumnya. ATR adalah nilai rata-rata pada periode tersebut.

Berikut Tampilan ATR menggunakan periode 14 daily :

ATR sering digunakan untuk mengukur volatilitas pasar. Nilai ATR yang rendah menunjukkan volatilitas pasar yang rendah, sebaliknya nilai ATR tinggi menunjukkan volatilitas pasar sedang tinggi. Saat volatilitas pasar sedang tinggi, ATR bergerak kearah atas dan saat volatilitas sedang menurun ATS bergerak kearah bawah.

ATR adalah indikator lagging atau yang terjadi setelah pergerakan harga, sehingga tidak bisa digunakan untuk memprediksi pergerakan harga yang akan datang. Trader sering menggunakan ATR untuk menentukan level stop loss berdasarkan tinggi rendahnya volatilitas pada saat ia masuk pasar.

Menentukan stop loss dengan ATR sangat logis dan mudah dimengerti. Dengan volatilitas pasar yang sedang tinggi trader tentu tidak akan menentukan stop loss yang ketat, sebaliknya saat volatilitas pasar sedang rendah stop loss tentu tidak akan terlalu lebar.