| Tools Trading

Card Image

Indikator Momentum (MOM) adalah indikator utama yang mengukur kecepatan perubahan dari suatu sekuritas. Indikator ini membandingkan harga saat ini dengan harga dari sejumlah periode yang telah lalu. Indikator ini meletakkan osilator yang bergerak diatas dan dibawah 0, berupa indikator yang tidak terbatas karena tidak memiliki batas atas atau bawah. Interpretasi bullish dan bearish ditemukan dengan mencari divergen, persilangan garis tengah dan pembacaan-pembacaan ekstrim. Indikator ini seringkali digunakan bersamaan dengan sinyal-sinyal lainnya.

Titik acuannya tertumpu pada garis nol atau netral. Sebuah garis momentum disebut bernilai positif apabila berada di atas garis nol, dan jika garis momentum disebut bernilai negatif jikalau berada di bawah garis nol.

Sinyal dari pergerakan garis momentum tersebut akan menghasilkan garis sinyal yang menunjukkan apakah harga telah mengalami kenaikan atau penurunan selama periode waktu tertentu. Bila indikator momentum bergerak di atas garis nol, ini menunjukkan pasar naik dan menandakan terjadinya sinyal beli. Begitu garis indikator momentum turun sampai di bawah garis nol, maka  menunjukkan pasar telah menurun dan menandakan akan terjadi sinyal jual.