Apa itu Indikator MACD ?

Indikator MACD (Moving Average Convergence / Divergence) di ciptakan Gerald Appel pada tahun 1970-an, seorang analis saham di New York. Dan pada tahun 1986, Thomas Aspray menambahkan fitur histogram ke Appel’s MACD.
Apa itu Indikator MACD ?

Indikator MACD (Moving Average Convergence / Divergence) di ciptakan Gerald Appel pada tahun 1970-an, seorang analis saham di New York. Dan pada tahun 1986, Thomas Aspray menambahkan fitur histogram ke Appel’s MACD.

Indikator MACD juga digambarkan sebagai indikator lagging (lambat) karena dirancang untuk mengkonfirmasi tren harga pergerakan saham setelah terbentuk menggunakan kombinasi rata-rata bergerak yang diperhalus secara eksponensial pada saat itu.

Meskipun awalnya dikembangkan untuk digunakan dengan saham, osilator MACD adalah alat umum yang digunakan di banyak pasar, termasuk perdagangan forex. Sinyal trading yang dihasilkan ketika berbagai crossover MACD terjadi dan karena perbedaan MACD. Definisi MACD teknis mencakup perhitungan tiga rata-rata bergerak, tetapi hanya dua baris yang ditampilkan berosilasi tentang garis nol.

Indikator MACD mengukur kekuatan momentum atau tren dengan menggunakan garis MACD dan garis nol sebagai titik referensi, Ketika garis MACD melintasi DI ATAS garis nol, ini menandakan UPTREND, Ketika garis MACD melintasi DI BAWAH garis nol, ini menandakan sebuah DOWNTREND, Selain itu, sinyal MACD membeli atau menjual pesanan yang diberikan ketika dua garis MACD menyeberang seperti diuraikan di bawah ini:

  • Ketika garis MACD melintasi DI ATAS garis sinyal, trader menggunakan ini sebagai indikasi BELI
  • Ketika garis MACD melintasi DI BAWAH garis sinyal, trader menggunakan ini sebagai indikasi JUAL

Perhitungan indikator MACD ini adalah sebagai berikut :

MACD Line: (EMA 12 hari – EMA 26 hari)

Signal Line: EMA 9-hari MACD Line

MACD Histogram: MACD Line – Signal Line

Pada umumnya indikator MACD akan memiliki dua garis warna berbeda, disertai garis tengah putus-putus. Untuk tujuan visual, garis sinyal mungkin satu warna sementara garis lainnya putus-putus atau diwakili oleh bilah seperti yang ditunjukkan di atas. Garis tengah memiliki nilai nol dan mewakili ketika nilai dari dua moving average identik. Meskipun ada tiga moving average yang terlibat dalam perhitungan MACD, hanya akan ada dua baris yang ditampilkan, satu bergerak jelas lebih lambat dari yang lain. Pengaturan periode MACD dapat diubah dan dapat disesuaikan agar sesuai dengan selera trader, tetapi pengaturan tipikal adalah 26, 12, dan 9, periode untuk garis sinyal, EMA3.