Pertempuran Candlestick

Pertempuran Candlestick

1.Candlestick hijau dan panjang mengindikasikan bahwa para trader pembeli memegang kendali penuh.Semakin panjang candlestick-nya menunjukkan minat beli yang sangat besar.

Keterangan:

  1. Harga mulai dibuka di titik 1 kemudian trader penjual menekan harga sedikit ke titik 2.
  2. Tetapi di titik 2 trader pembeli mulai mengambil alih kendali dan mengangkat harga sampai ke titik 3. Pada fase ini seberapa tinggipun harga yang ditawarkan oleh trader penjual, trader pembeli sanggup membelinya.
  3. Di titik 3 trader penjual melakukan perlawanan sedikit untuk menekan harga lebih rendah ke titik 4.
  4. Harga di titik 4 merupakan harga penutupan, harga ditutup menguat pada periode tersebut.

Psikologi:

Jika Anda melihat candlestick seperti di atas artinya market cenderung positif dan buyer sedang berkuasa pada pembentukan candlestick tersebut.

Contoh grafik:

2.Candlestick merah dan panjang mengindikasikan bahwa trader penjual memegang kendali penuh. Semakin panjang ukuran candlestick-nya menunjukan tekanan jual yang sangat besar.

Keterangan:

  1. Harga mulai dibuka di titik 1, oleh trader pembeli harga sempat diangkat sedikit ke titik 2.
  2. Tetapi di titik 2 trader penjual mengambil alih kendali dan menekan harga jatuh sampai ke titik 3. Di fase ini seberapa rendahpun harga yang diminta oleh trader pembeli, trader penjual setuju untuk menjual diharga tersebut.
  3. Di titik 3 trader pembeli melakukan sedikit perlawanan dan mengangkat harga hingga ke titik 4.
  4. Harga di titik 4 adalah harga penutupan, harga ditutup melemah pada periode tersebut.

Psikologi:

Jika Anda melihat candlestick seperti di atas itu artinya market cenderung negatif dan seller sedang berkuasa pada pembentukan candlestick tersebut.

Contoh grafik:

3.Candlestick yang kecil (baik hijau maupun merah) mengindikasikan bahwa trader pembeli maupun trader penjual tidak dapat menggerakan harga terlalu jauh dan harga dekat pada posisi pembukaan.

Psikologi:

Terjadi pertarungan harga yang sengit antara trader pembeli dan trader penjual. Market sangat tidak pasti, para trader sedang tidak mempunyai arah yang jelas.

Jika Anda melihat candlestick seperti ini sebaiknya Anda menunggu dan jangan masuk ke pasar dulu sampai ada sinyal yang jelas harga bergerak ke arah mana.

Contoh:

4.Candlestick body kecil dengan ekor memanjang ke bawah mengindikasikan bahwa trader pembeli melakukan perlawanan besar. Trader penjual sempat memegang kendali dengan menekan harga jatuh ke bawah sebelum akhirnya trader pembeli melakukan perlawanan yang cukup besar dan mengangkat harga kembali ke sekitar level pembukaan.

Keterangan:

1.Harga mulai dibuka di titik 1, kemudian trader penjual melakukan aksi jual besar-besaran hingga menjatuhkan harga ke titik 2.

2.Di titik 2 trader pembeli mulai melakukan perlawanan besar dengan mengangkat harga sampai ke titik 3.

3.Di titik 3 trader penjual menekan harga sedikit hingga ke titik 4.

4.Harga di titik 4 adalah harga penutupan. Karena terjadi pertempuran harga yang sengit harga penutupan tidak jauh dari harga pembukaan yang digambarkan dengan body candlestick yang kecil.

Psikologi:

Jika Anda menemui candlestick seperti di atas dan Anda menemukannya di area support, itu mengindikasikan akan terjadi pembalikan arah pada market.

Contoh:

5.Candlestick body kecil dengan ekor memanjang ke atas mengindikasikan bahwa trader penjual melakukan perlawanan besar. Trader pembeli sempat memegang kendali dengan mengangkat harga ke atas sebelum akhirnya trader penjual melakukan perlawanan yang cukup besar dan menekan harga kembali jatuh ke sekitar level pembukaan.

Keterangan:

  1. Harga dibuka di titik 1, kemudian para trader pembeli (buyer) mengangkat harga tinggi dengan melakukan aksi beli yang masif hingga ke titik 2.
  2. Di titik 2 para trader penjual (seller) melakukan serangan balik dengan melakukan serangkain aksi jual yang membuat harga jatuh hingga ke titik 3.
  3. Dari titik 3 trader pembeli melakukan sedikit perlawanan dan mengangkat harga ke titik 4.
  4. Titik 4 adalah harga penutupan. Karena terjadi pertempuran harga yang sengit harga penutupan tidak jauh dari harga pembukaan yang digambarkan dengan body candlestick yang kecil.

Psikologi:

Jika Anda menemui candlestick seperti di atas dan Anda menemukannya di area resistance, itu mengindikasikan akan terjadi pembalikan arah pada market.

Contoh:

6.Candlestick body kecil diantara dua ekor yang panjang mengindikasikan bahwa baik trader pembeli maupun trader penjual masing-masing mempunyai kekuatan imbang dalam mengendalikan harga pasar, jadi keduanya tidak ada yang menang maupun kalah.

Keterangan:

  1. Harga dibuka di titik 1 dan oleh trader penjual harga ditekan jatuh hingga ke titik 2.
  2. Di titik 2 trader pembeli melakukan serangan balasan dengan melakukan aksi beli yang besar dan mampu mengangkat harga lebih tinggi hingga ke titik 3.
  3. Di titik 3 trader penjual masih tidak mau kalah,masih menunjukkan kekuatannya untuk melakukan aksi jual dan menjatuhkan harga hingga ke titik 4.
  4. Titik 4 merupakan harga penutupan yang nilainya hampir sama dengan nilai harga pembukaannya karena kekuatan trader pembeli dan trader penjual berimbang.

Psikologi:

Jika Anda melihat jenis candlestick seperti gambar di atas artinya market sedang indecision, para trader terlihat sedang kebingungan. Pola candlestick tersebut jika berkelompok bisa diartikan bahwa market sedang sideways (flat).

Contoh:

.